Pemanfaatan Libur Sekolah

Oleh Hery Nugroho  (Suara Merdeka, 23 Desember 2013)

hery nugroho oxfordKeputusan kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah  menyebutkan tanggal 23 Desember-4 Januari 2014 (dua minggu) adalah libur akhir semester gasal. Dalam pantauan penulis, banyak siswa memanfaatkan waktu libur untuk hal yang kurang bermanfaat. Semisal bangun siang, menonton televisi seharian penuh, begadang, dan sebagainya.

Melihat kondisi itu tidak sedikit orang tua mengeluh. Bahkan untuk mandi saja, anaknya bermalas-malasan sehingga orang tua ’’lebih senang’’ kalau anaknya masuk sekolah. Persepsi sebagian besar siswa terhadap liburan, seringkali dianggap terlepas dari  tugas-tugas pelajaran di sekolah.

Sebenarnya bila mereka melakukan kegiatan positif bahkan bermanfaat, tidak masalah. Persoalannya, sebagian dari mereka kerap melakukan sesuatu yang kurang, bahkan tidak bermanfaat.

Nabi Muhammad saw bersabda, ìManfaatkan lima perkara sebelum lima perkara: waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, hidupmu sebelum datang kematianmu.î (HR Al Hakim).

Mengaitkan hadis itu dengan liburan sekolah, seharusnya siswa dapat memanfaatkan dengan baik. Di antara kegiatan positif yang dapat diikuti siswa sebagai alternatif untuk mengisi libur sekolah adalah pertama; berwisata bersama keluarga. Acara itu selain menghibur, bisa mempererat hubungan.

Kedua; tinggal di desa. Bagi siswa dari kota dan mempunyai keluarga di desa, liburan sekolah dapat dimanfaatkan untuk hidup di desa. Melalui cara ini, siswa dapat melihat kehidupan orang-orang desa. Ke depan, mereka lebih menghargai orang lain dan mengetahui keluarga di desa.

Ketiga; mengikuti program belajar untuk paket liburan. Banyak lembaga pendidikan nonformal menawarkan program belajar selama liburan. Siswa dapat memilih sesuai minat sekaligus mendalami. Semisal belajar bahasa, menulis, motivasi, kewirausahaan, dan sebagainya.

Keempat; membaca buku dan menulis. Waktu liburan bukan berarti lepas dari buku. Di sela-sela liburan, siswa seyogianya tetap membaca buku pelajaran, pengetahuan umum fiksi atau nonfiksi. Tak hanya membaca buku, tetapi juga mencoba menuliskan. Bagi yang kesulitan, tulislah pengalaman selama liburan atau tema yang disenangi.

Kelima; olahraga. Tidak sedikit siswa bangun siang bila masa liburan, sampai yang muslim tidak mengerjakan shalat subuh. Kebiasan tersebut harus dibuang jauh-jauh. Bangun tetap pagi-pagi, beribadah dan diteruskan dengan berolahraga.

Keenam; aktif dalam kegiatan masyarakat dan tempat ibadah. Biasanya di sekitar tempat tinggal ada organisasi remaja atau remaja masjid. Lebih-lebih kalau dalam organisasi tersebut ada program khusus liburan sekolah. Jika belum ada, kita bisa mengajak teman sekolah atau di sekitar tempat tinggalmu untuk menyelenggarakan kegiatan liburan sekolah.

Sinergi Pendampingan

Siswa yang mengisi liburan dengan kegiatan positif, tetap membutuhkan pendampingan. Dalam pendampingan perlu ada sinergitas antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. Pihak sekolah bisa mengingatkan orang tua untuk mengawasi anak. Bisa juga bisa memberikan tugas mandiri yang tidak menyita waktu untuk liburan.

Apabila orang tua bekerja, sesekali mengontrol via telepon untuk menghindari hal-hal yang negatif. Alangkah baiknya orang tua sudah menanamkan rasa tanggung jawab sejak dini, bahwa semua yang dilakukan manusia ada yang mengawasi, yakni Allah Swt. Masyarakat pun dapat berpartisipasi mengawasi kegiatan anak-anak itu.

Apabila siswa mengisi liburan sekolah dengan kegiatan positif disertai sinergitas antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam mendampingi siswa maka liburan sekolah tidak akan sia-sia. Refreshing, ilmu, olah hati, jasmani semuanya bisa didapat, sehingga selesai liburan siswa siap kembali menerima pelajaran dengan hati senang. (10)

— Hery Nugroho MSi MSI, guru PAI SMA 3 Semarang; alumnus Magister Administrasi Pendidikan Undip, dan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo Semarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: