Soal tugas individu kelas X12 SMA 3

Beberapa waktu yang lalu, Ketua DPR RI, Dr. Marzuki Ali mengeluarkan pernyataan, “Banyak sekali terjadinya perkosaan,
 kasus-kasus asusila, karena perempuannya tidak berpakaian yang pantas (rok mini) sehingga membuat hasrat laki-laki itu menjadi berubah. Itu yang harus dihindari. Namanya laki-laki, ada pakaian yang tidak pantas, itu yang menarik laki-laki itu akhirnya berbuat sesuatu,” kata Marzuki di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (6/3/2012). Sumber: dikutip dari Tribunnews.com. Jangan lupa soal ini khusus untuk kelas X12. Ingat Deadline jawaban adalah hari Selasa (27/3) pukul 23.00 melalui halaman web ini

Dari berita di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini!

  1. Bagaimana pendapatmu tentang bacaan di atas! Setuju atau tidak? Kemukakan alasanmu hubungkan dengan adab berpakaian dalam Islam!
  2. Bagaimana pendapat kamu tentang banyaknya perempuan sekarang yang memakai busana ketat?  Bagaimana seharusnya dalam Islam memandang masalah tersebut?  (Hubungkan dengan materi Adab Berpakaian dalam Islam)

Petunjuk menjawab

  1. Dalam menjawab silahkan klik di bagian komentar / tinggalkan sebuat komentar (letaknya dibawah tanggal pada sebelah kiri judul ini. Setelah itu akan terbuka dan lihat bagian bawah akan ada tinggalkan balasan.
  2. Ketiklah jawabanmu di halaman (tinggalkan balasan), kalau sudah yakin dengan jawabanmu, silahkan klik kirim komentar. Adapun format menjawab adalah:

Nama lengkap   : …………………………………………………………….

Kelas                     :……………………………………………………………..

Absen                   :……………………………………………………………..

Sekolah                                : SMA Negeri 3 Semarang

Jawabanmu:

1.…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… dan seterusnya

2……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… dan seterusnya

 

Larangan

Dilarang keras mencopy paste atau sama persis jawaban dengan yang lain. Apabila nanti ketahuan, baik yang memberi maupun menerima akan mendapat sanksi.   

Jangan lupa soal ini khusus untuk kelas X12. Ingat Deadline jawaban adalah hari Selasa (27/3) pukul 23.00 melalui halaman web ini

Selamat mengerjakan!

19 Komentar (+add yours?)

  1. Taufiq Adi Wijoyo
    Mar 21, 2012 @ 09:57:16

    Nama lengkap :Taufiq Adi Wijoyo

    Kelas :X-12

    Absen :31

    Sekolah : SMA Negeri 3 Semarang

    Jawabanmu:

    1. Untuk larangan memakai rok mini, 100% saya tidak setuju, karena memang benar hasrat lelaki yang tidak mengontrol nafsunya pasti akan timbul & yang lebih parah lagi akan menyebabkan terjadi hal2 yang tidak diinginkan. Nah, menurut pandang Islam, jelas sangat dilarang apalagi batas aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali telapak tangan & wajah. Hal ini pun telah jatuh pada perbuatan dosa & parahnya lagi, bagi sesiapa (lelaki terutama) yang terbangun nafsunya karena hal ini, maka ia pun jatuh kepada hal yang dosa. Jadi secara singkat, penggunaan rok mini ini sangat dilarang oleh Islam & Allah tidak suka.

    2. Untuk berbusana ketat, jawabannya adalah tidak setuju. Mengapa ? Karena menurut pendapat saya, sama seperti hal diatas, juga dapat menimbulkan nafsu buruk & menyebabkan hal2 yang tak diinginkan. Dan, ditegaskan dalam Islam, dalam adab berpakaian selain harus menutup seluruh bagian aurat, wanita pada khususnya diperintahkan untuk memakai pakaian yang tidak menampilkan bentuk tubuhnya & tetap tampil bersahaja. Wanita pun diharapkan dapat sedikit membesarkan pakaiannya, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadi nya sesuatu hal yang tidak diinginkan juga. Selain itu, tampil dengan pakaian bersahaja, menurut penelitian yang telah saya lakukan, hal itu malah membuat setiap orang memandang wanita tersebut baik, sopan & taat beragama. Siapa yang tidak mau dipandang orang seperti itu ??? Setiap orang, pasti mau🙂

    Balas

  2. Galuh Almas (X5-20)
    Mar 22, 2012 @ 13:30:23

    Nama lengkap : GALUH ALMAS DARMAWATI
    Kelas : X5
    Absen : 20
    Sekolah : SMA Negeri 3 Semarang
    Jawabanmu:
    1. Menurut saya bacaan di atas sangat menarik karena merupakan fakta yang benar-benar terjadi di Kota Semarang. Namun ada baiknya jika berdasarkan fakta permasalahan tersebut kita dapat mencari jalan keluar/solusi. Kesemrawutan jalan adalah salah satu masalah yang menjadi tanggung jawab kita semua sebagai pengguna jalan, maka sebaiknya kita juga turut andil dalam mengatasi masalah tersebut

    2. Menurut saya, solusi terbaiknya adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor milik pribadi, dan lebih diutamakan untuk menggunakan sepeda atau kendaraan umum. Nah, tapi masalahnya kendaraan umum di Kota Semarang masih jauh dari kata nyaman, sehingga peran pemerintah sangat diharapkan agar dapat menyiapkan alat transportasi umum yang nyaman, tepat waktu, dan efisien sehingga warga mau menggunakan kendaraan umum. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan pemerintah adalah dengan penyediaan armada kendaraan umum yang memadai, misalnya untuk di kota Semarang adalah penyediaan armada BRT yang memadai di jam-jam sibuk sehingga penumpang lebih bisa merasa nyaman dan tidak berdesakan. Penting pula meng-edukasi para penyedia pelayanan jasa transportasi untuk lebih tertib dalam pengoperasian armadanya di jalan. Selain itu, solusinya adalah dengan meninggikan pajak kendaraan pribadi seperti yang dilakukan beberapa Negara, misalnya Singapura. Dan sebagai seorang muslim, hendaknya sebelum berpergian membaca doa dahulu sehingga dapat selamat dan selalu dilindungi oleh Allah SWT.

    Balas

  3. Nora Kusuma Wardani Dwi Putri
    Mar 27, 2012 @ 09:40:17

    Nama lengkap : Nora Kusuma Wardani Dwi Putri
    Kelas : X 12
    Absen : 23
    Sekolah : SMA Negeri 3 Semarang
    Jawaban:
    1. Saya sependapat dengan yang dikemukakan oleh Ketua DPR RI, Marzuki Ali.
    Allah berfirman dalam QS. Al-Ahzab:59 “Hai Nabi! Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anakmu, dan isteri-isteri orang mu’min hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenal dan tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” Dalam ayat tersebut diterangkan bahwa Allah telah memerintahkan seorang muslimah untuk menutup auratnya supaya tidak menarik perhatian dan menggugah nafsu syahwat bagi lawan jenisnya.
    Selain itu, hidup di negara manapun pasti ada norma-norma yang harus dijaga, baik norma agama maupun masyarakat. Apalagi Indonesia merupakan Negara yang berada diwilayah timur yang terkenal akan budaya ketimurannya (norma kesopanannya). Sedangkan DPR adalah lembaga terhormat maka sepantasnyalah mereka menjaga kehormatan itu. Anggota DPR-RI selayaknya wajib menjadi contoh, menjadi teladan yang baik untuk rakyat. Anak SD saja diajarkan untuk memakai pakaian yang sopan. Apalagi ibu-ibu anggota dewan? Mencontoh pada guru, jika ada siswi pelajar yang roknya sudah diatas lutut, mereka langsung menegur siswi tersebut, dan itu sah-sah saja karena memang diruang lingkup pendidikan. Nah, hal yang aneh adalah jika ada penolakan tentang aturan BK DPR-RI untuk melarang pakaian seksi serta rok mini untuk bertebaran di gedung DPR-RI. Karena wilayah gedung DPR-RI merupakan wilayah percontohan wakil rakyat kepada rakyatnya.
    Namun di sisi lain, pernyataan Marzuki Alie juga menyakitkan perempuan karena menyalahkan perempuan yang berpakaian tidak pantas sebagai satu-satunya penyebab terjadinya pelecehan seksual dan pemerkosaan. Hal itu semakin mengukuhkan diskriminasi terhadap perempuan. Padahal UU No. 7 Tahun 1984 tentang Ratifikasi CEDAW (The Convention on The Elimination of Discrimination Againts Women) telah memandatkan agar Negara memastikan bahwa tidak ada diskriminasi terhadap perempuan.

    2. Islam telah mengajarkan kepada umatnya tentang bagaimana berpakaian yang baik, yaitu dengan memakai pakaian yang menutup aurat kita. Hal tersebut bukanlah untuk menyusahkan kita, tetapi justru untuk kebaikan kita.
    Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Dua macam penghuni neraka yang belum kulihat sebelumnya. Orang-orang yang membawa cemeti serupa ekor sapi yang dengan itu, mereka memukuli manusia. Dan para wanita yang berpakaian namun telanjang. Mereka berjalan sambil bergoyang dan berlenggak-lenggok, Kepala mereka ibarat punuk unta yang miring. Para wanita ini tidak akan masuk surge dan tidak akan menghirup aromanya. Padahal sesungguhnya aromanya tercium dari jarak sekian dan sekian.” (Mukhtashar Shahih Muslim no.1388). Islam melarang umatnya berpakaian terlalu tipis atau ketat (sehingga membentuk tubuhnya yang asli). Kendati fungsi utama (sebagai penutup aurat) telah dipenuhi, namun apabila pakaian tersebut dibuat secara ketat maka hal itu dilarang oleh Islam. Demikian juga halnya pakaian yang terlalu tipis. Pakaian yang ketat akan menampilkan bentuk tubuh pemakainya, sedangkan pakaian yang terlalu tipis akan menampakkan warna kulit pemakainya. Kedua cara tersebut dilarang oleh Islam karena hanya akan menarik perhatian dan menggugah nafsu syahwat bagi lawan jenisnya.
    Namun sangat disayangkan, fungsi pakaian sudah banyak berubah. Pakaian sudah tidak lagi memenuhi fungsi sebagai kulit kedua manusia. Ia kini lebih berperan sebagai penghias dan aksessoris tubuh manusia. Bahkan tidak jarang banyak wanita yang bangga berperilaku menyerupai binatang yang tidak berpakaian (missal: di film, website atau tabloid). Mereka menganggap bahwa pakaian ketat nan seksi identik dengan modern, trend, dan modis. Tentu pikiran tersebut salah besar. Modern identik dengan kemajuan cara berpikir ilmiah dalam ilmu pengetahuan. Dalam banyak penelitian dibidang kedokteran, pakaian ketat ternyata menyebabkan banyak gangguan kesehatan diantaranya yaitu: a) Paresthesia, b) Ancaman jamur, c) Berbekas hitam, d) Kanker ganas melanoma, e) bahkan Kemandulan.

    Balas

  4. Intan Hapsari/X12
    Mar 31, 2012 @ 14:04:20

    Nama lengkap : Intan Hapsari Surya Putri
    Kelas : X12
    Absen : 15
    Sekolah : SMA Negeri 3 Semarang
    Jawabanmu:
    1. Saya sangat setuju dengan pernyataan yang dikemukakan oleh Ketua DPR RI mengenai hal tersebut. Karena, fungsi pakaian yakni sebagai penutup aurat, untuk menjaga kesehatan, dan untuk keindahan. Aurat wanita adalah seluruh tubuh, kecuali muka dan telapak tangan. Islam pun juga telah menegaskan bahwa
    Hai, anak Adam! Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagaian dari tanda-tanda Kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. (QS Al A’raf : 26)

    “Hai para Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (Q.S. Al-Ahzab ayat 59 )
    Dijelaskan pula bahwa Islam menegaskan bahwa pakaian yang dikenakan adalah pakaian yang tidak ketat dan transparan. Dari Aisyah, Rasulullah saw bersabda : “Hai Asma, sesungguhnya perempuan itu apabila telah sampai umur (dewasa) maka tidak patut menampakkan sesuatu dari dirinya melainkan ini dan ini. Rasulullah berkata sambil menunjukkan kepada muka dan telapak tangan hingga pergelangan tangannya sendiri” (HR. Abu Dawud)
    Selain itu, dalam bermasyarakat. Kita juga mengenal tentang norma kesopanan. Dalam norma-norma tersebut juga telah diatur cara-cara berpakaian yang sopan di masyarakat. Tentunya, apabila kita memakai pakaian yang rapi, sopan tentulah orang-orang akan menghargai serta menghormati kita juga. kitapun terhindar dari tindak kejahatan seperti pemerkosaan atau kasus asusila-asusila lainnya. Sedangkan apabila memakai pakaian yang mini, serta tidak sesuai aturan maka orang-orang sekitar pun juga pasti banyak yang berkomentar. Dan hal ini bisa menimbulkan tindakan-tondakan yang tidak diinginkan..
    2. Pakaian merupakan penutup tubuh untuk memberikan proteksi dari bahaya asusila, memberikan perlindungan dari sengatan matahari dan terpaan hujan, sebagai identitas seseorang, sebagai harga diri seseorang, dan sebuah kebutuhan untuk mengungkapkan rasa malu seseorang. Dahulu, pakaian yang sopan adalah pakaian yang menutup aurat, dan juga longgar sehingga tidak memberikan gambaran atau relief bentuk tubuh seseorang terutama untuk kaum wanita. Sekarang orang-orang sudah menyebut pakaian seperti itu sudah dibilang kuno dan tidak mengikuti mode zaman sekarang atau tidak modis. Timbul pakaian you can see atau sejenis tanktop, dll. Yang uniknya, semakin sedikit bahan yang digunakan dan semakin ketat pakaian tersebut maka semakin mahal pakaian tersebut.
    Padahal jika kita tidak bisa menjaga aurat kita, kita akan kerepotan. Sangat tidak mungkin kita akan mengumbar aurat di depan umum, jika hal tersebut dilakukan, maka kita bisa disebut kurang normal.
    Memakai pakaian ketat hukumnya haram dalam Islam bahkan termasuk dosa besar. Wanita yang mengenakannya terancam tidak akan mencium bau Surga.
    “Ada dua golongan penghuni Neraka yang belum pernah kulihat sebelumnya, sekelompok lelaki dengan cemeti laksana ekor sapi, mereka mencambuk orang-orang dengannya; dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang, mereka lenggak-lenggok ketika berjalan. Di kepala mereka ada sesuatu mirip punuk unta. Mereka tidak masuk surga dan tidak pula mencium baunya, sedangkan baunya tercium dari jarak yang jauh”(HR Muslim)
    Kedokteran moderen juga membuktikan bahwa pakaian ketat menyebabkan berbagai penyakit.
    Jadi, menurut saya kaum wanita yang memakai pakaian ketat dan rok mini adalah mereka yang belum mengerti tentang adab berpakain yang baik dan benar serta sesuai dengan syariat Islam. Mereka hanya mengikuti tren/mode saja tanpa memikirkan efek jangka panjangnnya. Maksud mereka mungkin ingin tampil cantik serta menarik, namun cara mereka kurang tepat. Mereka hanya ingin terlihat cantik dan menarik di mata orang lain terutama lawan jenis, namun mereka tidak mempunyai niat untuk tampil cantik di depan Allah. Allah telah menyuruh kaumnya terutama wanita untuk menjaga seluruh auratnya, namun mengapa kaum wanita tidak mau menjaga auratnya sendiri. Bukankah hal tersebut mengindikasikan bahwa kaum wanita yang seperti itu tidak mensyukuri karunia Allah ? astagfirullah ….

    Balas

  5. Jauza Revaro
    Apr 10, 2012 @ 15:14:59

    Nama lengkap :Jauza Qodrisyam Revaro
    Kelas :X-12
    Absen :16
    Sekolah : SMA Negeri 3 Semarang

    Jawabanmu:

    1.Tidak setuju,
    Karena seharusnya wanita tidak menggunakan baju seperti itu,karena baju budaya barat(rok mini,dan sebagainya) sudah melanggar adab berpakaian yang ada di Islam,seharusnya kita menyaring budaya asing,dan hanya mengikuti yang positif,dan berpakaian yang menutup semua aurat,sopan,tidak ketat sesuai syariat islam.
    2.Baju yang ketat melanggar,karena menonjolkan bentuk aurat dari wanita,hal itu melanggar adab berpakaian islam,aurat seharusnya tertutupi,dan tidak ditonjolkan.

    Balas

  6. bima
    Apr 10, 2012 @ 15:16:25

    bima novara rindarto
    x12 – 05

    jawabanku
    1. setuju, karena dalam islam wanita dilarang memakai pakaian yang mengumbar aurat. dan dibuat larangan itu pasti ada sebabnya, semisal wanita yang menggunakan pakaian minim akan mengundang syahwat seorang pria dan akan melakukan hal yang diluar batas terhadap wanita tsb. nah, itu contoh bila tidak mematuhi larangan.

    2. menurut saya itu termasuk melanggar adab berpakaian, karena wanita tersebut sama saja mengumbar auratnya dgn cara memperlihatkan lekuk tubuhnya kepada orang2. hal ini juga dapat menyebabkan sperti contoh pada nmr 1.

    Balas

  7. imam indra
    Apr 10, 2012 @ 15:22:45

    Nama : Imam Indra P.
    Kelas : X-12
    Absen : 13
    sekolah : SMA Negeri 3 Semarang
    1. menurut saya, mengenai bacaan diatas saya setuju karena di dalam Islam perempuan dilarang mengenakan pakaian yang ketat / memperlihatkan bentuk tubuhnya karena selain berdosa juga akan menimbulkan hal – hal yang tidak diinginkan seperti orang pria yang tidak mampu menahan hawa nafsunya ketika melihat tersebut sehingga menyebabkan adanya pemerkosaan yang marak terjadi di Indonesia sekarang.
    2. menurut saya, banyaknya perempuan sekarang yang menggunakan pakaian ketat sampai – sampai memperlihatkan bentuk tubuhnya karena ingin dianggap modern atau tidak ingin dikatain kampungan / ndeso sehingga menggunakan pakaian yang dilarang oleh Islam yaitu salah satunya mengenakan pakaian ketat. yang diajarkan dalam Islam terhadap berpakaian untuk para wanita yaitu menutupi aurat ( seluruh tubuh kecuali bagian muka dan telapak tangan), pakaian tidak terlalu ketat, tidak memperlihatkan bentuk tubuh

    Balas

  8. muhammad danny achdan
    Apr 10, 2012 @ 16:36:20

    M.Danny Achdan
    X12
    19
    SMA 3 Semarang
    1. saya tidak setuju dengan pernyataan itu. dijaman sekarang seorang pemerkosa tidak hanya melihat dr pakaian yg di kenakan korbannya, tetapi juga adanya kesempatan seperti di jalan2 sepi dan keadaan yg memungkinkan untuk melakukan pemerkosaan. pemerkosaan terjadi bukan hanya karena niat pelakunya tapi juga karena adanya kesempatan. memang para wanita yg menggunakan pakaian ketat atau rok mini dapat memancing nafsu pria, tetapi tidak seharusnya mereka disalahkan juga, indonesia merupakan negara hukum yg melindungi setiap warga negaranya, harus di sediakan keamanan di tempat yg rawan terjadi pemerkosaan. jika di lihat dr sudut pandang agama wanita yg menggunakan pakaian ketat atau rok mini salah, karena selain tidak sesuai adab dan berdosa, perbuatannya dapat memancing nafsu pria sehingga melakukan pemerkosaan. jadi para wanita seharusnya menggunakan pakaian yg sesuai ajaran agama. yg rapi dan sopan serta tidak yg aneh2 dan menimbulkan nafsu belaka. agama telah mengajarkan adab berpakaian yg benar dan baik, jika kita umat yg memegang teguh agama seharusnya kita menutup semua aurat kita dan tidak memamerkannya.
    2.tidak baik di jaman sekarang ini banyak perempuan yg menggunakan pakaian yg tidak sesuai ajaran dan adab islam. islam melarang umatnya mengenakan pakaian yg memamerkan lekuk tubuh si pemakai, apa lagi memamerkan aurat yg seharusnya di tutupi. kita sebagai umat islam seharusnya saling mengingatkan satu sama lain agar tetap berada di jalan yg benar, dan sesuai ajaran agama. sebagai sesama muslim saling mengingatkan cara berpakaian yg sesuai adab. terlebih para orang tua harus tegas mengingatkan anaknya untk tetap berpegang teguh pada ajaran syariat islam. jangan meniru budaya luar yg kurang baik. kita boleh saja meniru tetapi terlebih dahulu dipilih mana yg baik dan kurang baik.

    Balas

  9. sekar anindya
    Apr 11, 2012 @ 12:03:27

    Nama lengkap : Sekar Anindya Hastari
    Kelas : X-12
    Absen : 30
    Sekolah : SMA Negeri 3 Semarang

    Jawabanmu:

    1.Saya tidak setuju apabila kaum wanita menggunakan rok mini karena itu dapat menimbulkan nafsu bagi kaum lelaki dan itu tidak sesuai dengan adab berpakaian dalam agama Islam karena islam mewajibkan perempuan untuk menutupi seluruh anggota tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan.
    2. Memang seiring majunya dunia fashion di seluruh belahan dunia, Indonesia pun yang sudah mengenal internet mau tidak mau memang tahu bagaimana dunia fashion orang orang luar negeri dan tidak sedikit yang meniru karena itu dianggap keren. Pendapat saya, sebaiknya kita ingatkan orang orang yang berpakaian minim tersebut lebih lagi jika kita mengenalnya. seharusnya pemuka agama Islam diIndonesia atau MUI lebih menegaskan lagi tentang adab berpakain di masyarakat Indonesia dengan cara menyediakan lebih banyak film film islami di bioskop Indonesia dll.

    Balas

  10. ratna mella as- syifa
    Apr 11, 2012 @ 12:36:26

    Nama; Ratna Mella As- Syifa
    Kelas; X 12
    Absen;25
    SMA NEGERI 3 SEMARANG

    Jawaban ;
    1. Tidak setuju , karena Islam mewajibkan umatnya terutama anak perempuan untuk berpakaian menutupi aurat dan tidak ketat . Sehingga, dia terhindar dari gangguan yang tidak diinginkan seperti peristiwa perkosa tersebut.

    2. Busana ketat selain dilarang dalam Islam juga bisa mengganggu kesehatan bagi pemakainya. Contoh saja , saat perempuan itu memakai celana jeans ketat hal itu sangat bertentangan dengan Islam dan menyebabkan terjadinya kemandulan . Selain itu , dengan memakai busana yang ketat bisa menyebabkan terjadinya gangguan yang tidak diinginkan seperti peristiwa perkosa tersebut. Islam mewajibkan umatnya untuk berpakaian menutup aurat , tidak ketat .Bagi laki-laki harus dapat menutup bagian tubuhnya antara pusar dan lutut , sedangkan bagi perempuan harus dapat menutup seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan. Seharusnya perempuan dalam kasus tersebut perempuan tidak memakai pakaian yang ketat agar terhindar dari perkosa dan penyakit yang mungkin timbul , serta menutup aurat sesuai ajaran Islam .

    Balas

  11. Fariz Zharfan
    Apr 11, 2012 @ 12:46:28

    Fariz Zharfan Haris
    Kelas X-12
    No. Absen 10
    SMA Negeri 3 Semarang

    Jawaban:
    1. Saya setuju bahwa kasus tindak asusila banyak disebabkan karena perempuan tidak berpakaian yang pantas. Aurat perempuan yang seharusnya ditutupi malah diumbar begitu saja. Padahal menurut adab berpakaian islam, aurat perempuan yaitu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Pada hakekatnya, ketentuan tersebut dimaksudkan agar permpuan terhindar dari perzinaan atau hal-hal yang tidak diinginkan, namun pada zaman sekarang justru sebaliknya.
    2. Pendapat saya, saya merasa prihatin pada perempuan yang berpakaian ketat seperti tren pada zaman sekarang, karena seharusnya mereka malu untuk mengumbar aurat mereka di depan publik. Jika ingin terhindar dari perzinaan justru sebaiknya berpakaian yang menutup aurat seperti adab berpakaian islam. Namun tetap saja, perempuan zaman sekarang masih banyak yang menggunakan pakaian yang tidak sesuai dengan adab berpakaian. Dalam Al-Qur’an pun sudah jelas diterangkan tentang adab berpakaian baik laki-laki maupun perempuan. Sebaiknya sebagai umat muslim yang baik, segeralah kita mengoreksi diri terutama tentang cara berpakaian kita, dari yang dulu senang mengimbar aurat sedikit demi sedikit mengubah dengan cara berpakaian yang baik ala islam. Apalagi zaman sekarang busana muslim pun sudah bervariasi dan bermacam-macam modelnya,sehingga tidak perlu takut jika berpakaian muslim malah dianggap ketinggalan zaman, itu anggapan yang salah besar.

    Balas

  12. M. Anwar S.M.
    Apr 11, 2012 @ 14:14:30

    Nama: M. Anwar S.M.
    Kelas: X-12
    Absen: 18
    Sekolah: SMAN 3 Semarang

    Assalamu’alaikum wr wb

    1. Saya setuju dan sependapat dengan pernyataan dari Ketua DPR. Mengenai perempuan mengenakan pakaian yang kurang pantas, benar itu harus dihindari. Di samping hal itu sudah diatur dalam Islam, juga sebaiknya kita berpikir terhadap dampaknya. Banyak kejadian yang seharusnya tidak terjadi, misal kasus perkosaan, dan tindak asusila lainnya. Dalam Islam juga kan telah diatur dan dijelaskan mengenai adab berpakaian. Dari mulai menutupi aurat, macam pakaian yang diperbolehkan untuk dikenakan, dan aturan lainnya. Jika yang dipakai seorang perempuan itu rok mini, jelas itu melanggar aturan Islam, dan dosa akibatnya. Karena tidak menutupi aurat wanita (seluruh anggota badan kecuali muka dan telapak tangan). Dan sah-sah saja jika Katua DPR memberi himbauan kepada seluruh anggotanya (khususnya perempuan) soal hal diatas. Kan DPR juga salah satu instansi negara, juga istilahnya ‘wakil rakyat’. Meskipun itu tidak masuk sebagai hal teknis dalam keorganisasian DPR, tetap yang dikatakan Ketua DPR saya setujui. Lagipula itu awlan yang tepat yang dilakukan Ketua DPR. Ia tau yang baik yang mana dan itu harus diungkapkan untuk merubah hal yang salah. Sebaiknya juga hal tersebut lebih ditindaklanjuti secara tegas.
    2. Sebetulnya banyak faktor yang menyebabkan perempuan memakai busana ketat dan sejenisnya. Pertama karena lingkungan. Lingkungan sangat berpengaruh tentunya. Dari keluarga, teman bergaul, hingga idola. Misal, jika keluarga sangat memantau pergaulan dan melarang, maka kemungkinan kecil hal tersebut terjadi, atau bahkan tidak terjadi. Yang kedua adalah hal tersebut sudah membudaya hingga sulit untuk dirubah ke arah yang lebih baik. Dalam Islam kan adab berpakaian sudah dijelaskan secara gamblang. Dan sebetulnya itu sangat kompleks juga bermanfaat baik.

    Wassalamu’alaikum wr wb

    Balas

  13. gaby tiara jasmine
    Apr 12, 2012 @ 11:08:07

    Nama lengkap :gaby tiara jasminee

    Kelas :X-12

    Absen :12

    Sekolah : SMA Negeri 3 Semarang

    Jawabanmu:

    1.saya sendiri setuju dengan bacaan diatas, karena kesalahan terletak pada wanita yang menggunakan pakaian yang salah padahal dalam al quran juga sudah diatur mengenai cara berpakaian yang benar dan jika seorang wanita berpakaian sesuai adab maka ia akan terhindar dari segala macam celaka.
    2. hendaknya seorang wanita menggunakan pakaian sesuai adab yang ditentukan dalam islam, yitu menutup aurat, tidak memakai pakaian terlalu ketat dsb, semua adab itu diatur untuk menjauhkan wanita dari bahaya termasuk pemerkosaan dan pelecehan seksual

    Balas

  14. RIFQI-X12-26
    Apr 12, 2012 @ 12:19:49

    Nama lengkap : RIFQI FERDIYANSYAH

    Kelas X12
    Absen 26
    Sekolah : SMA Negeri 3 Semarang

    Jawaban:

    1. SAYA SETUJU DENGAN UNGKAPAN BP.MARZUKI,SEBAGIAN BESAR HASRAT KAUM LELAKI NAIK YANG DILAMPIASKAN KEPADA PELECEHAN SEKSUAL, ITU TERJADI KARENA KECEROBOHAN DAN KESALAHAN PARA KAUM HAWA YANG BERPAKAIAN DENGAN CARA YANG SALAH. DAN ITU AKAN MENINGKATKAN NAFSU KPD PRIA YANG MELIHATNYA DAN BERAKHIRAN DENGAN PELECEHAN SEKSUAL, TENTU SAJA ITU SANGAT MERUGIKAN DI SEMUA PIHAK. SEDANGKAN DI AGAMA ISLAM SDH JELAS DI TERANGKAN AURAT WANITA ADALAH SELURUH TUBUH KECUALI MUKA DAN TELAPAK TANGAN.

    2. SAYA SANGAT KECEWA DAN PRIHATIN TERHADAP WANITA-WANITA YANG BERPAKAIAN TIDAK SEPANTASNYA. DI ISLAM JUGA TERCANTUM DI ALQURAN SELURUH PERATAN TENTANG ADAMB BERPAKAIAN, SERTA HUKUMNYA, JIKA MASIH SAJA BANYAK DILAKUKAN BERARTI PENANAMAN AGAMA SEJAK DINI KURANG YANG MENGAKIBARTKA MENUUNYA MORALITAS. DAN DILANJUT DENGAN BERPAKAIAN YG TDK SEPANTASNYA,MARAKNYA PELECEHAN SEKSUAL ITU SANGAT MERUGIKAN BANYAK PIHAK

    Balas

  15. Baskara Senoaji
    Apr 14, 2012 @ 04:47:32

    Nama lengkap : Baskara Senoaji
    Kelas : X-12
    Absen : 03
    Sekolah : SMA Negeri 3 Semarang

    Jawabanmu:

    1. Saya setuju dengan pernyataan Bapak Marzuki, karena islam mengajarkan kepada umatnya untuk mengenakan pakaian yang sesuai dengan ajaran. Maksudnya adalah yang menutupi aurat dan tidak berlebihan atau “glamor”. Semua umat islam tahu bahwa aurat wanita islam adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Jadi, pemakain rok mini sangatlah tidak sesuai dengan ajaran islam.
    2. Pakain ketak (yang menunjukan bentuk tubuh) sangat dilarang oleh islam, karena pakaian itu mengundang nafsu kepada kaum lelaki. Memperlihatkan bentuk tubuh kepada orang lain adalah dosa, apapun alasannya itu. Jadi, setiap wanita muslim harus memakai pakain yang sesuai dengan ajaran islam.

    Balas

  16. anggitachandra
    Apr 24, 2012 @ 12:52:34

    Nama lengkap : anggita chandra

    Kelas : X12

    Absen : 2

    Sekolah : SMA Negeri 3 Semarang

    Jawabanmu:

    1. Seharusnya wanita menutup aurat sesuai ajaran islam. selain menghindari dosa, juga mengurangi nafsu jahat para laki-laki. selain itu laki-laki juga harus dapat mengontrol hawa nafsu
    2. dilarang. karena sama saja memamerkan bentuk tubuh. sehingga juga dapat memancing nafsu jahat. lebih baik segera mengubah pola berpakaian.

    Balas

  17. Fadhilah Nur Fahada
    Apr 24, 2012 @ 12:59:58

    Nama lengkap : Fadhilah Nur Fahada

    Kelas :X 12

    Absen : 09

    Sekolah : SMA Negeri 3 Semarang

    JAWABAN :
    1. Saya setuju dengan pendapat dr Pak Marzuki Ali, menurut saya karena bagaimana pun suatu tindak kejahatan/ tindakan yg tidak sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku pasti ada pemicunya. dalam hal ini, perempuan akan memicu laki-laki untuk bertindak tdk sesuai aturan apabila pakaian yg mereka kenakan tidak sesuai dg aturan bahkan terkesan mengumbar aurat. tetapi disini, sebenarnya, laki-laki yg melihat perempuan dg pakaian seperti itu juga sedang di uji oleh Allah, apakah imannya kuat, atau justru malah sebaliknya.

    2. menurut saya, perempuan banyak yg memakai pakaian ketat karena mereka terpengaruh oleh budaya barat yg sebenarnya tidak sesuai dg budaya kita. mereka juga lupa bahwa dlm agama, khususnya agama islam, memakai pakaian seperti itu sangatlah tercela. seperti yg sudah diketahui, islam sendiri menginginkan umatnya menjaga kehormatannya. perempuan akan terlihat terhormat apabila dalam berbusana sudah memenuhi aturan, yaitu, tdk memakai bahan yang transparan, tdk ketat, menutup ujung kaki hingga ujung kepala kecuali telapak tangan dan wajah, serta, tidak memakai pakaian yg akan melihatkan bentuk tubuh dan tidak memancing nafsu org yg melihatnya.

    Balas

  18. bidadari yuritza
    Apr 24, 2012 @ 15:07:05

    nama lengkap: Bidadari Yuritza Destilasilika
    kelas: X12
    absen: 04

    1.Saya setuju, karena nafsu lelaki juga disebabkan oleh perempuan, contohnya seperti memakai rok mini atau busana yg minim, itu sangat mengganggu iman para lelaki jaman sekarang. seharusnya perempuan tidak memakai rok mini atau busana yg minim. karena di dalam islam mengajarkan agar perempuan menutup auratnya dengan memakai pakaian yg tertutup. memakai pakaian minim selain dosa jg menimbulkan akibat negatif.

    2.Seharusnya perempuan jaman sekarang harus lebih banyak diingatkan agar tidak memakai pakaian yg ketat. karena itu melanggar adab berpakaian dalam agama islam. didalam agama islam perempuan dianjurkan memakai pakaian yg tertutup dan tidak ketat.

    Balas

  19. rizky adriyanto
    Mei 01, 2012 @ 23:21:37

    Nama lengkap : Rizky Adriyanto
    Kelas :X-12
    Absen :28.

    Sekolah : SMA Negeri 3 Semarang

    Jawabanku:

    1.Saya sependapat dengan ucapan pak marzuki ali karena berpakaian yang tidak menutupi aurat adalah pakaian yang dilarang oleh Allah SWT. dengan seperti itu, maka perlu adanya aturan / larangan bagi pegawai perempuan yang memakai pakaian yang tidak sopan / pakaian yang dapat menaikkan hawa nafsu kaum lelaki. dari kaum lelakinya sendiri juga perlu adanya rasa menahan nafsu dan sebaiknya mengingatkan kepada wanita yang memakai pakaian tidak seperti ajaran islam yang menutupi aurat.

    2. wanita mengenakan baju ketat adalah salah. walaupun semua tubuh / auratnya tertutup, namun lekukan tubuh juga masih bisa dilihat dengan mata telanjang. lekukan tubuh tadi juga dapat memancing hawa nafsu dari kaum lelaki. maka sebaiknya tidak menggunakan pakaian yang ketat / menunjukkan ada lekukan seperti itu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: