Memanfaatkan Blog dalam Pembelajaran

Oleh: Hery Nugroho

guru ngeblog SELAMA ini teknologi web blog masih digunakan sebatas untuk mengisi catatan harian. Dari segi penggunaannya pun masih terbatas pada orang atau kelompok tertentu saja. Dalam lingkup dunia pendidikan web blog, masih jarang dimanfaatkan. Diakui atau tidak dunia pendidikan di Indonesia lebih banyak masih berkutat dengan metode konvensional (tatap muka di kelas).

Dalam perkembangan teknologi, seringkali pendidikan ketinggalan jauh. Bahkan antara keduanya timbul adanya gap (jarak). Kemajuan informasi dan teknologi melesat jauh, sedangkan dunia pendidikan masih jalan di tempat. Karenanya, dunia pendidikan –khususnya guru– harus bisa mengimbangi perkembangan teknologi dengan cara mau belajar terhadap teknologi baru.

Setelah menguasai teknologi baru, kemudian diaplikasikan dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah menguasai web blog. Melalui web blog, guru dapat memanfaatkan dalam pembelajaran. Pemanfaatan tersebut dapat berupa meng-up load materi yang akan disampaikan selama satu semester bahkan bisa juga selama masa belajar di sekolah di web blog.

Materi yang sudah dipasang di web blog, siswa dapat mengunduh darimanapun tempatnya dan kapanpun, asal ada jaringan internet. Setelah diunduh, siswa dapat belajar di rumah dengan baik. Di sekolah, guru tinggal menerangkan materi yang sulit dipelajari siswa dan sekaligus dilakukan pengayaan.

Selain itu, penugasan setiap materi bisa juga ditampilkan weblog. Hal ini sekaligus mempunyai fungsi ganda. Pertama, memenuhi tugas dari guru lebih sungguh-sungguh, karena nanti akan ditampilkan dalam blog. Kedua, hasil tugas siswa dapat diakses oleh pengguna internet seluruh dunia. Selagi tidak dihapus oleh yang punya, data tersebut akan tersimpan terus.

Kemudian guru juga bisa memanfaatkan dengan menampilkan laporan hasil belajar anak. Nilai siswa mulai dari ulangan harian, penugasan, mid semester, dan ulangan akhir semester secara transparansi dapat diakses oleh siswa dan orang tua atau pihak manapun yang ingin mengaksesnya. Hal ini sekaligus meminimalisir kesalahan guru menilai hasil belajar siswa.

Manfaat lain, siswa bisa berinterkasi dengan guru secara langsung. Interaksi ini tidak terbatas di kelas saja, tetapi setelah lulus pun dapat berkomunikasi dengan guru. Tidak hanya siswa, orang tuanya pun bisa berkonsultasi dengan guru terhadap perkembangan anaknya.

Dengan pemanfaatan web blog ini, sekaligus mengajari siswa yang belum bisa, agar dapat mengoperasikan web blog dalam dunia pendidikan. Kalau ini dikuasai berarti siswa tersebut menguasai salah satu materi dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah.

Meskipun pemanfaatan web blog adalah bagian aplikasi dari mata pelajaran TIK, bukan berarti guru mata pelajaran lain tidak bisa memanfaatkan web blog dalam pembelajaran. Menurut penulis, web blog dapat dimanfaatkan semua mata pelajaran. Permasalahannya, apakah guru tersebut mau memanfaatkan atau tidak ?

–Hery Nugroho, Guru SMP Negeri 7 Semarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: